Kamis, 08 Mei 2014

BAB.XI IP TELEPHON

A.Koevergensi Jaringan.

Pada awalnya sudah tebentuk dan berkembang dua jaringan dengan platform yang berbeda(circuit dan packet switched),namun alam perkembangan selanjutnya terutama semenjak dinyatakannya kelayakan kualitas transfer informasi real time
(komunikasi suara) melalui jaringan IP/ VoIP(Voice over IP), maka mulai adanya kecenderungan berbagai informasi dilewatkan melalui jaringan IP atau dengan perkataan lain, terjadi konvergensi (kecenderungan) penggunaan jaringan backbone dari sircuit switched ke paket switched.

B.Latar Belakang Konvergensi.

            Mengapa terjadi kecenderungan dari circuit switched ke paket switched.? Jawabannya adalah karena penggunaan recources dalam mode paket switched lebih efisien (hemat bandwidth) sehingga para provider jaringan dapat menawarkan providernya lebih murah di banding roduk-produk berbasih layanan suara maupun data
khususnya untuk negara lndonesia yang sebagian besar masyarakatnya mwmpunyai daya beli rendah dimana cost menjadi bahan pertimbangan utama.

C.Circiut Switched Nefwork

            Dalam packet switched, manajemen bandwidthnya mampu memanfaatkan celah kosong tersebut sebesar 40% dengan asuter si occupancy 80%. Disinilah letak efisiensi packet switched. Ditambah lagi dengan teknik kompresi pada sistem VoIP yang mampu menekan bandwidth suara menjadi 8Kbps yang dalam circuit switched kan voice mengkonsumsi bandwidth sebesar 64 Kbps. Khusus untuk kasus Indonesia yang sejali tahun 1999 dimana monopoli penyelenggaraan jasa telekomunikasi yang berarti dimulainya kompetisi, maka bagi para provider dalam bersaing di lingkungan pasar Indonesia yang mempunnyai daya beli rendah. senjata paling ampuh adalah harga jual yang acceptable.

            Konvegensi jaringan dari circuit ke packet switched kecendrungan jaringan dari circus ke paket switch di tandai dengan semakin banyaknnya pembangunan Gateway antara PSTN dengan jaringan IP untuk menyalurkan informasi suara(voice).
Dengan hanya membuat Gateway-gateway saja dianggap masih kurang efisien karena belum menyelesaikan maslah secara keseluruhan, masih bersifat parsial.
Yang mana masalah nya terlatak pada system sircuit switch itu sendiri :

            * Bersifat properti (tidak open standard) terutama software-software system operasi maupun aplikasin.va sehingga sulit dikembangkan kebergantungan pada vendor tertenfu sangat besar.

* Secara sistem aturan sistemnya  bersifat integrated dalam anti tidak terpisah yang dapat dikembangkan secara independen.



D. Migrasi Circuit ke Packet Switched Basis Teknologi Softswitch.

Kecenderungan teknologi ke basis paket, maka muncullah konsep jaringan
masa depan yang disebut NGN(Next Generation Network), yaitu konsep jaringan dimana semua layanan suara, data, dan multimedia yang berasal dari berbagai jaringan (PSTN/ISDN. PLMN dan jaringan data) menggunakan jaringan network yang sama dan berbasis paket (IP/ATM).


E. Jaringan Berbasis Softswitch.

Switch merupakan teknologi baru yang ditawarkan sebagai jawaban/solusi untuk mengawal migran circuit switched ke packet switched sekarigus sebagai elemen utama dalam jaringan masa depan KGN). Jaringan berbasis softswitch mengembangkan standar yang terbuka untuk menciptakan suatu jaringan yang terintegrasi dengan kemampuan memadukan berbagai kemampuan layanan Voice data dan multimedia secara lebih efisien.

           
            Sistem softswitch terdiri dari Softswitchnya itu sendiri atau sering disebut
Call Agent(CA) atau Media Gateway Controller(MGC) yang merupakan elemen utama
jaringan NGN. Berfungsi untuk mengontrol semua sesi layanan dan komunikasi serta mengatur interaksi elemen yang lainya seperti :

- Media Gateway
-Access Gatewa dan Trunks Gateway
-Signaling Gateway
- Application Servers (Feature Server dan Media Server)
- Operation Support System (OSS)

Media Gateway adalah elemen jaringan yang berfungsi sebagai elemen transport untuk merutekan trafik dalam jaringan softsrwitch dan juga mengirim atau menerima trafik dari jaringan lain yang berbeda seperti PSTN, pLMN, VoIp, H.323, dan jaringan akses pelanggan.
Access Gateway adalah media yang digunakan oleh jaringan softswitch
untuk menjangkau pelanggan.


0 komentar:

Posting Komentar