Kamis, 08 Mei 2014

BAB. XII PERKEMBANGAN TEKNOLOGI SELULER

A. Sejarah Perkembangan Teknologi Seluler.
Telekomunikasi seluler mengalami perkembangan yang sangat pesat yaitu ditandai dengan perkembangan jumlah pelanggan, perkembangan teknologi dan layanan.

-Generasi Kedua (2G)
Sistem telekomunikasi seluler pada generasi kedua menggunakan teknologi digital. Sistem telekomunikasi seluler pada generasi kedua menggunakan basis teknologi TD\LA dan CDMA. Sistem yang menggunakan TDMA adalah 15-136 dan GSM.

Rancangan utama dari sistem ini adalah untuk mendukung aliran suara berbentuk circuit switched.

-Generasi Trasnsisi (2.5G)
Beberapa teknologi data yang berada pada posisi transisi telah dikembangkan dalam rangka mendapatkan kecepatan transfer data yang lebih tinggi sesegera mungkin dengan biaya implementasi yang lebih murah.Teknologi-teknologi ini pada umumnya dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan dari sistem standar pada 2G dimana implementasinya diperlakukan sebagai proses upgrade terhadap jaringan 2G.

-Generasi Ketiga (4G)

Untuk meningkatkan kecepatan akses data yang tinggi dan full mobile maka standar IMT-2000 di tingkatkan lagi menjadi l0Mbps,301vlbps dan 100Mbps yang semula hanya 2Mbps pada layanan 3G.Kecepatan akses tersebut didapat dengan mengunakan teknologi OFDM(Orthogonar Frequency Division Multiplexing) dan Multi Carrier. Di Jepang layanan generasi keempat ini sudah di implementasikan.

0 komentar:

Posting Komentar